Pariwisata musik ternyata memberikan sokongan besar untuk perekonomian Inggris. Kedatangan turis asing untuk menonton acara musik terhitung telah menyumbangkan sekitar 3,1 miliar pound sterling pada 2014.

Menurut UK Music, sekitar 9,5 juta turis asing mendatangi acara musik di Inggris setiap tahun. Masing-masing dari mereka menghabiskan rata-rata 751 pound sterling dan membantu mempertahankan hampir 40 ribu pekerjaan purna waktu.

“Festival seperti Glastonbury memegang status ikonik di skema musik dunia, dan itu salah satu alasan turis internasional datang ke Inggris,” kata Menteri Media, Budaya, dan Olahraga Inggris John Whittingdale seperti dilansir Digital Spy, Selasa, 16 Juni 2015.

Jumlah penggemar musik Inggris yang datang dari luar negeri telah mengalami peningkatan 39 persen sejak 2010. “Kita tahu, industri kreatif Inggris menyumbangkan 76,9 triliun pound sterling untuk perekonomian Inggris. Laporan ini menegaskan acara musik adalah iklan yang manjur untuk Inggris,” ujar Whittingdale.

Glastonbury adalah festival musik yang rutin diadakan setiap tahun. Untuk tahun ini, festival Glastonbury akan diadakan pada 24-18 Juni. Beberapa musikus kenamaan akan turut memeriahkan acara ini, seperti Foo Fighters, Kanye West, dan The Who. [tempo]

LUHUR PAMBUDI | DIGITAL SPY