situs-wwwkomputerBerpromosi di dunia maya kini sudah menjadi trend banyak pihak untuk meluaskan pasarnya. Ini bukan berarti berpromosi di jalur off line tidak effektif. Ibarat dua sisi mata uang, model berpromosi offline dan online merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan karena saling menunjang.

Pergerakan teknologi internet  yang begitu cepat, bukan saja membantu kinerja banyak pihak, namun juga bagi  para marketer, bagian promosi dan branding perusahaan dalam melakukan promosi. Blog, friendster hingga Face Book kini mewabah, hingga tidak mengenal usia. Seorang teman bercerita, Ibunya minta bantuan untuk dibikinkan account di Facebook. “Wah, bisa terbongkar dong rahasia dan “kebocoran gue”, ujarnya sambil terkekeh. Dan memang, para orang tua seakan tidak mau ketinggalan dengan anaknya, mereka bahkan saling cross conection, sehingga orang tua mengetahui siapa saja teman anak-anaknya dan posting apa saja anak kesayangannya i dunia maya. Budaya Facebook kini menjadi trend masyarakat Indonesia hingga ke pedesaan yang baru masuk koneksi internet.

Dunia usaha juga memanfaatkan teknologi pertemanan sebagai medium promosi efektif. Melalui cara ini mereka bisa berpromosi secara masal dan hemat. Bahkan salah seorang teman bercerita, kantornya membuat divisi marketing sendiri yang menggarap pasar online.

Sebagai informasi saja, kini pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 15 juta jiwa. Pergerakan ini semakin cepat dengan makin murahnya akses internet berbayar, apalagi kini sejumlah tempat makan dan hiburan menyediakan fasilitas gratis berupa hot spot.

Berpromosi lewat internet selain murah, mudah, juga jangkauannya yang tidak terbatas. Model iklan kita bisa terpampang berhari-hari dalam blog atau situs yang kita buat. Segala berita teranyar secara otomatis diterima oleh  teman-teman yang masuk dalam jaringan kita. Sekalipun demikian perlu dipikirkan bagaimana agar pesan promosi kita sampai  dan dibuka pembaca/teman, sehingga mereka tertarik ikutan dan terpengaruh dengan iklan kita.

Pertama, Iklan dalam bentuk tulisan harus menarik. Selain judulnya yang straight point alias mengena, juga kontentnya yang harus memenuhi standart penulisan 5W+1H.

Kedua, Agar lebih menarik tidak ada salahnyanya diikutkan dengan imej/foto/ilustrasi sehingga potensi keterbacaan menjadi lebih. Terbukti, selain judul yang menariik, disertakannya imej/image juga turut membuat orang membuka pesan yang kita kirim.

Ketiga, testimoni. Jika produk kita pernah dicicipi oleh orang ternama/artis/selebriti, tidak ada salahnya kita minta testimoni positif mereka dan kita muat dalam pesan atau webblog kita.

Keempat, Sesekali bikin quiz dalam iklan Anda dan berhadiah. Silakan saja tentukan hadiahnya agar orang tertarik membaca iklan dan ikutan quiz.

So, silakan gunakan strategi promosi ini, karena bagaimanapun keberhasilan kita berpromosi kita di dunia maya tergantung dari seberapa aktif kita melakukannya. Artinya, sebagai marketer, brand promostion atau posisi yang terkait menjual produk/imej, memantau perkembangan berita dan update melalui internet menjadi keharusa. lamanya situs/blog tidak di update, membuat pengunjung jenuh dan meninggalkan blog/iklan Anda. Selamat Mencoba

lysthano
media consultant
www.lysthano.com