Kemarin saya sempat senewen setelah web klien dinon-aktifkan hostingnya, untung sang klien tidak segera menghubungi saya dan mengkomplain pelayanan dari kantor usaha saya. Seingat saya, pembayaran rutin sudah dilakukan. Seperti biasa, saya selalu menggabungkan pembayaran semua klien dalam satu waktu. Tagihan yang datang dalam seminggu saya rekap dan dibayar via atm.

Ya, kemarin saya sedikit kelabakan akibat kasus ini. Usaha menghubungi tempat hosting (sebut saja PT M) berhasil lewat sales yang disetting online pada YM-nya. Mendengar penjelasannya kaget, saya belum bayar dan sudah telat lama. Nah,loh… kaget, karena tidak ada pemberitahuan via telpon apalagi email. Saya pun dianjurkan untuk menghubungi via surat komplain kepada programernya. Jawaban diterima malamnya, dan dibeberkan fakta sebenarnya… engingeng…

Betul, pembayaran saya  terakhir 2008 untuk hosting per 3 bulanan?? Hah?? Iseng banget saya  menghostingkan web klien hanya ambil paket 3 bulanan? Saya cek profil dan data saya, ternyata benar. Dibeberapa bulan setelah  beberapa tahun berjalan, setting 3 bulanan berlaku. Padahal ketika mendaftar saya tidak merasa  melakukan itu. Yang saya hintung (lewat engine yang disediakan) setting pembelian domain dan hosting untuk satu tahun dan saya bayar JEBRET !! Lunas dimuka.

Ternyata ini masalahnya. Setelah satu tahun berjalan setingan 3 bulanan berjalanan. Dan tidak ada penjelasan dari pihak PT M mengenai hal ini, makanya kemarin kaget karena dituduh telat dan dianggap tidak mau melanjutkan hosting dan sewa domain.  Mengenai layanan PT M ini memang sudah semakin menurun, dibanding saat dulu pas booming dotcom. Bisa jadi karena kebanyakan klien, klien2 lama tidak tertanganin dengan baik. Bukan saja tidak adanya surat  pemberitahuan, apalagi telpon mengenai status domain dan hosting yang dititipkan padanya. Kadang ketika kami sapa bagian salesnya via YM, lama sekali menjawab. Beberapa kali malah tidak dijawab.

So, saya menilai pelayanannya kurang baik dan berencana memindahkan sejumlah klien yang dititipkan padanya ke tempat lain. Ya, kini memang tinggal satu yang kita tempatkan padanya.  Beberapa saya sudah pindahkan ke tempat lain yang memiliki pelayanan lebih bagus. Beberapa kali saya ditelpon hanya sekedar mengingatkan status domain dan hosting yang sudah mau habis, dan atau kapan di konfirmasi pendaftaran domain baru yang saya booking untuk klien atau kepentingan lain.

Sekedar ingin sharing, betapa pentingnya  bagian Sales atau yang berhubungan dengan klien dalam sebuah usaha (customer service). Meski hanya menelpon dan mengabarkan status atau adakah komplain tentang layanan yang sudah diterima. Thats good. Klien bukan hanya yang ketika dicari, diuber-uber sampe BT dan menyerah dengan menerima tawaran, tapi juga harus di rawat layaknya Anda merawat Anak atau Istri.. hehhe nggak ada hubungannya yach?

Suatu ketika Istri saya kaget karena menerima kue Ulang tahun dari sebuah Hotel di Surabaya. Apa pentingnya hotel melakukan hal ini. Selidik, punya selidik hotel ini termasuk hotel lama di surabaya. Banyak orang yang memiliki kenangan Sendiri dihotel ini. Please jangan berfikir macam-macam dulu…:) Intinya, kiriman kue saya duga sebagai bentuk apresiasi hotel kepada mantan pelanggan… catat, ini mantan loh… dengan satu harapan; kapan kembali ke Surabaya dan menginap bersama keluarga?  Edun tim customer servicenya… ini baru keren !!!

Kembali ke tempat hostingannya. Singkat kata, saya aktifkan kembali dengan membayar dan mengaku  bersalah tidak memperpanjang, SEKALIGUS KOMPLAIN atas layanan PT M yang tidak mengirim konfirmasi dan LANGSUNG MENGHAPUS/MNON-AKTIFKAN Klien semena-mena.

Cerita berlanjut, saya minta diaktifkan kembali domain dan hosting lama yang sudah saya bayar perpanjangannya. TIM PT mereka kembali mengirim email dan menjelaskan bahwa untuk mengaktifkan, klien dikenakan biaya restore data. Jebret!!! makin bikin sebal saja. Semakin geregetan saja ingin memindahkan klien saya itu ke tempat lain. Untungnya web master saya memiliki data back-up dan segera mengupload data klien yang sudah di DEL PT M 🙁 So, kita liat setahun kedepan, jika tidak ada perubahan Let’s go move to the new webhost company. …Byee… byeee PT M …

Catatan: kini hanya satu klien yang saya titipkan pada PT M ini, setelah kecewa dengan layanannya beberapa waktu lalu.

tebet, 22 Mei 2009