Tugas yang paling berat dari seorang brand manager adalah upaya untuk meningkatkan brand awareness dari merek yang ditangani. Upayanya tentu butuh kerjasama dengan bagian lain dalam satu company, misalkan dengan bagian promosi dan marketing. Lewat kerjasama yang baik, didukung dengan kualitas produk yang terjaga, maka upaya mendapatkan pelanggan setia bisa diwujudkan.

Banyak case yang  bisa diamati, misalkan bagaimana kesetiaan pengguna gadget/ pc/tablet yang konsisten memilih apple. Juga orang yang setia makan ayam goreng memilih KFC, termasuk memilih jasa penerbangan dengan Garuda.

Ketika merek sudah berhasil dibangunm tinggalah menjaga dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek, termasuk melakukan edukasi brand kepada calon baru (segmen anak2 misalnya)

Soal kesetiaan terhadap merek Nielsen beberapa kali melakukan riset, salah satunya seperti yang dilansir kompas hari ini, rabu, 23 januari 2013.

______________________________________

 

Nielsen: Merek Tentukan Kesuksesan Produk

Lebih dari setengah (55 persen) konsumen online di Asia Pasifik lebih suka membeli produk baru dari merek yang sudah dikenal daripada beralih ke merek baru. Demikian menurut studi terbaru dari Nielsen, yang dirilis hari ini, Rabu (23/1/2013).

Nielsen melakukan survei pada lebih dari 29.000 responden online di 58 negara dan hasil survei tersebut memperlihatkan bahwa kedekatan terhadap merek memiliki pengaruh yang sangat kuat pada konsumen di Asia Pasifik dan mayoritas konsumen tidak akan membeli produk baru sebelum produk tersebut dicoba dan telah teruji di pasar.

Hampir dua pertiga responden di Asia Pasifik (62 persen) memilih untuk menunggu sampai sebuah produk baru telah teruji sebelum memutuskan untuk membeli dan kurang dari setengah (44 persen) responden tersebut bersedia untuk beralih ke merek lain.

Kemauan untuk beralih ke merek lain untuk mencoba produk baru secara khusus lebih rendah di Thailand (30 persen) dan Jepang (23 persen).

“Melakukan inovasi pada brand yang telah ‘mapan’ dan dipercaya oleh konsumen di Asia dapat menjadi strategi yang kuat bagi perusahaan-perusahaan yang bermaksud mengubah perhatian mereka pada konsumen di pasar yang pertumbuhannya kuat ini,” ujar Therese Glennon, Managing Director Innovation Practice Asia Pacific Middle East and Africa. [kompas.com

Editor :
Tjahja Gunawan Diredja