Dulu aku tidak begitu menyukai dengan apa yang dinamakan Yoghurt. Belakangan saya kena “tulah”nya sendiri, karena mindset saya dulu malah berbalik dan saya kini sangat menyukai minuman yang kata banyak orang masam. Ternyata, oh ternyata minuman itu sangat sehat dan menyehatkan. Bahkan seorang ahli menyarankan agar kita meminumnya setiap hari sehingga membantu memperlancar sistem pencernaan.

So, akhir pekan lalu saya bertandang ke Markas Besar pabrik pembuatan Yoghurt itu di Cisarua. Bukan sekedar pabrik. Mereka juga menyulap lahan besar  yang ada menjadi sebuah restoran yang bagus dan luas. Berbagai  makanan tersedia disana. Mulai dari  Nasi Nainan, Mie, hingga Nasi Goreng. Jauh kesan sebagai pabrik Yoghurt.

Menangkap peluang brand image yang sudah terbangun, Pemilik Yoghurt C membuat minimarket  yang khusus menjual produk Yughurt dan variannya dengan harga yang relatif  lebih murah dibanding dengan yang dijual di supermaket. Saya tentu saja tertarik dan mencicipi langsung disana. Tidak hanya itu, usai makan saya juga mengajak anak saya untuk bermain ditaman/playground yang disediakan untuk anak-anak bermain. Pas sudah konsepnya, orang tua memesan makanan dan makan, anak-anak bisa bermain. Tidak heran jika pengunjung Mabes Yoghurt itu selalu  ramai dikunjungi. Pernah pada suatu saat saya mengurungkan mampir gara-gara tidak mendapatkan parkir yang dekat pintu masuk :). Soalnya cuaca mendung banget dan turun rintik gerimis hujan.

Ditengah kebiasaan hidup sehat, konsep  dan pengembangan merek yang mereka bangun sepertinya akan bisa bertahan lama, lebih dari lima tahun. Ini juga sangat dipengaruhi oleh tindakan mereka melakukan promosi dan ekspansi. Promosi dalam hal ini terus “merangsek” pasar Yoghurt yang ada, Ekspansi dalam hal ini mengembangkan jenis dan varian dari minuman “masam” tapi nikmat itu. Apalagi pemilik perusahaan tersebut kabarnya merupakan hasil kolaborasi pengusaha dalam negeri dengan negeri kincir angin belanda, yang memiliki modal besar.

Bila edukasi pasar terus dilakukan, dibarengi promosi dan berbagai kampanye hidup sehat lainnya. Eksistensi brand Yoghurt ini bisa lebih lama. [lyz]