Peranan media monitoring (pantau media) bagi isu pencalonan seseorang (tokoh) yang ingin mencapai kesuksesann karir politiknya untuk menjadi lebih tinggi sangatlah diperlukan.

Fungsi pemantauan terhadap pemberitaan media mutlak sangat diperlukan. Karena, media memiliki pengaruh yang signifikan bagi seseorang dalam menentukan pilihannya. Berita tentang si calon, sudah pati harus dipantau secara serius oleh sebah tim khusus yang memiliki keakuratan pemantauan, beserta analisa pemberitaan yang baik dan layak dipertanggung jawabkan.

Fungsi monitoring media harian menjadi menu wajib calon/kandidat untuk kemudian di rangkum dalam sebuah laporan dan dianalisa. Hasil dari monitoring akan menjadi rujukan strategi kampanye yang efektif,efisien dan tepat sasaran.

Dari hasil monitoring akan terlihat, tone positif atau negatif dari banyaknya berita yang beredar dalam rentang waktu harian. Karena bagaimanapun, kandidat perlu waspada terhadap tone negatif yang beredar di media, termasuk aksi black campaign oleh lawan.  Bila terjadi aktivitas perusakan pencitraan, sang kandidat harus dengan segera merehabilitasinya dengan aksi cepat.

 

lysthano
jgrs, 27 des 2012