Sebuah perkembangan baru terjadi di Financial Times, koran berbahasa Inggris, yang terus mengembangkan inisiatif digital berbayarnya. FT yang dibaca 2,1 juta orang setiap hari itu melaporkan jumlah pelanggan berbayar digitalnya sudah melewati angka pelanggan cetaknya.

Bahkan penjualan dari inisiatif digitalnya itu sudah mencapai nilai 50 persen dari keseluruhan penjualan kelompok FT. “Selain itu, ternyata nilai penjualan cenderung meningkat, bukan menurun,” demikian FT seperti dikutip situs TechCrunch (30/7).

Menurut FT, pelanggan digital meningkat 31%, dan sekarang mencapai lebih dari  300.000,  sedangkan pelanggan cetaknya sekarang 299.000. Sehingga basis angka pelanggan berbayar FT sekarang menjadi 599.000, atau naik 2% dibandingkan tahun lalu.

Namun, penjualan secara keseluruhan pada semester pertama tahun 2012 ini sudah mencapai £216 juta  (339 juta dollar AS), dibandingkan dengan 203 juta dollar AS pada periode yang sama tahun lalu.

Angka-angka itu diungkapkan oleh Pearson, pemilik FT, saat melaporkan kinerja bisnis semester pertamanya. Pearson juga mencatat bahwa penghasilan secara keseluruhan dari digital pada tahun ini akan mencapai separuh dari keseluruhan penjualan perusahaan ini.

Hal yang positif dari model yang dikembangkan FT adalah bahwa FT bisa memberikan konten bebas bayar secara terbatas dan konten yang berbayar sekaligus. Mobile telah menjadi bagian bisnis penting bagi FT. Sebanyak  25% dari keseluruhan trafik FT.com berasal dari perangkat mobile. [TC/KOMPAS]